Minggu, 04 November 2012

Fungsi Fitur 3dsmax



3dsmax, merupakan software desain grafis yang sangat populer,terutama dalam hal 3dnya.Kemampuan software ini untuk menciptakan objek 3d yang kompleks dan juga renderingnya yang membuat hasil gambar terlihat nyata dan menawan.program ini juga dapat digunakan untuk animasi yang memungkinkan anda untuk mempresentasikan desain anda,seperti desain interior,arsitektur,dan iklan, secara realistik dan aktraktif.
Dan disini untuk menjelaskan fitur-fitur apa saja yang ada di 3dsmax.
Area kerja 3ds max


1.  Menu, berisi berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang kita            buat.perintah-perintah ini biasanya berbentuk teks.

2.  Tool Reactor,  berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi reactor.            Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan menekan Create > Helpers > reactor.

3. Command Panel, berisi perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang         kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu objek, density, massa,           efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya. Dalam buku panduan ini, untuk memodifikasi atau                       menampilkan Command Panel yang berada di bawah  biasa disebut rollout. Jadi nanti kita tidak lagi bingung     dengan istilah rollout.dan kurang lebih seperti create,modify,hierarcy, motion,display, dan utility.

4. Viewport, merupakan  area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang         dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut               pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right, front,       back, perspectift dan user.  Viewport yang aktif ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport             tersebut. Berikut adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds max.

5. Main toolbar, dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam                   memanipulasi objek yang kita buat. Terdapat beberapa main toolbar standar seperti tampak pada gambar       di bawah ini :



  •         Undo berfungsi sebagai history pallete atau untukl kembali ke perintah sebelumnya.
  •         Redo merupakan kebalikan dari undo
  •         Select and link berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu   ikatan antara objek tersebut.
  •         Unlink selection merupakan kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan             tersebut.
  •         Bind to space warp merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan       efek tertentu, misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water).
  •         Selection filter merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan           dipilih.    
  •         Select object digukanan untuk memilih atau menyeleksi objek.
  •         Select by name digunakan untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
  •         Select and move digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
  •         Select and rotate digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
  •         Select and scale digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek
  •         Use center flyout digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses     transformasi.
  •         Mirror digunakan untuk menggandakan atau mencerminkan objek
  •         Layer manager digunakan untuk mengatur layer
  •         Curve editor digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat
  •         Material editor merupakan fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita buat
  •         Render scene dialog digunkan untuk merender animasi atau model pada scene terpilih.
6. Rollout, merupakan menu gulung yang ada pada setiap perintah, berisi parameter-parameter untuk                 mengontrol objek.Rollout pada gambar sampel adalah Name and Color.

7. World Axis, merupakan ikon sistem koordinat dunia yang menunjukkan arah sumbu X,Y, dan Z di setiap          viewport.

8.  Slide Bar, yang berfungsi untuk memindahkan frame aktif untuk keperluan animasi.

9.  Auto Key,  untuk mengaktifkan keyframer otomatis untuk keperluan animasi.

10. Animation Control, berisi perintah-perintah untuk mengatur pandangan dalam viewport.

Dan itulah sekilas mengenai fitur-fitur yang ada dalam program 3dsmax, adapun untuk menggunakan software ini harus memenuhi kriteria hardware komputer sebagai berikut:

Autodesk 3ds Max 2012 System Requirements

32-Bit 3ds Max 2012 or 3ds Max Design 2012 for Windows


Operating system: Microsoft® Windows® 7 Professional operating system, Microsoft® Windows Vista® Business operating system (SP2 or higher), or Microsoft® Windows® XP Professional operating system (SP3 or higher)


For general animation and rendering (typically fewer than 1,000 objects or 100,000 polygons):

·         Intel® Pentium® 4 1.4 GHz or equivalent AMD® processor with SSE2 technology*

·         2 GB RAM (4 GB recommended)

·         2 GB swap space (4 GB recommended)**

·         3 GB free hard drive space

·         Direct3D® 10 technology, Direct3D 9, or OpenGL-capable graphics card† (256 MB or higher video card memory, 1 GB or higher recommended)

·         Three-button mouse with mouse driver software

·         DVD-ROM drive††

·         Microsoft® Internet Explorer® 8.0 internet browser or higher or Mozilla® Firefox® 3.0 internet browser or higher

·  
       Internet connection for web downloads and Autodesk® Subscription-aware access

64-Bit 3ds Max 2012 or 3ds Max Design 2012 for Windows


Operating system: Microsoft Windows 7 Professional x64, Microsoft Windows Vista Business x64 (SP2 or higher), or Microsoft Windows XP Professional x64 (SP3 or higher)


For general animation and rendering (typically fewer than 1,000 objects or 100,000 polygons):

·         Intel® 64 or AMD64 processor with SSE2 technology*

·         4 GB RAM (8 GB recommended)

·         4 GB swap space (8 GB recommended)**

·         3 GB free hard drive space

·         Direct3D 10, Direct3D 9, or OpenGL-capable graphics card† (256 MB or higher video card memory, 1 GB recommended)

·         Three-button mouse with mouse driver software

·         DVD-ROM drive††

·         Microsoft Internet Explorer 8.0 or higher or Mozilla Firefox 3.0 or higher browser

·     
    Internet connection for web downloads and Autodesk Subscription-aware access


For large scenes and complex data sets (typically more than 1,000 objects or 100,000 polygons):

·         Intel® 64 or AMD64 processor with SSE2 technology*

·         8 GB RAM

·         8 GB swap space**

·         3 GB free hard drive space

·         Direct3D 10, Direct3D 9, or OpenGL-capable graphics card† (1 GB or higher video card memory)

·         Three-button mouse with mouse driver software

·         DVD-ROM drive††

·         Microsoft Internet Explorer 8.0 or higher or Mozilla Firefox 3.0 or higher browser

·         Internet connection for web downloads and Autodesk Subscription-aware access

3ds Max 2012 or 3ds Max Design 2012 for Macintosh


Boot Camp
You can install Autodesk 3ds Max and 3ds Max Design 2012 software on a Mac® computer on a Windows® partition. The system must use Boot Camp® application program to help manage a dual OS configuration and meet the minimum system requirements.

·         Intel®-based Mac Pro or MacBook® Pro computer¹

·         Mac® OS X 10.5.x or higher operating system

·         Boot Camp V 2.0 or higher

·         Minimum 2 GB RAM (4 GB recommended for 32-bit Windows, 8 GB or more for 64-bit Windows)

·         Minimum 20 GB disk space for Apple OS partition, minimum 20 GB for Windows OS partition


Mac Virtualization on Parallels Desktop
Autodesk 3ds Max and 3ds Max Design 2012 can be used on the Mac via Parallels Desktop® for Mac software without having to boot directly into the Windows OS so it is easy to switch between platforms. The system must meet the following requirements:

·         Intel-based Mac Pro or MacBook Pro¹

·         Mac OS X 10.5.x or higher

·         Parallels Desktop 4.0 (4.0.3844 or higher)²

·         Minimum 4 GB RAM (6 GB system memory for 32-bit Windows, 8 GB or more for 64-bit Windows recommended)

·         Minimum 40 GB available disk space (100 GB recommended)

For more details, read the 3ds Max for Mac FAQ.

¹64-bit Windows Vista requires an Intel Core® 2 Duo or Intel® Xeon® processor.
²Parallels Desktop is the only supported virtual machine software at this time.













3 komentar: