Minggu, 27 April 2014

Disiplin Dalam Belajar



Disiplin dalam belajar adalah sesuatu yang sulit untuk dikerjakan , karena tidak semua orang memiliki perilaku disiplin dalam belajar. Sebelum kita mengetahui bagaimana cara disiplin dalam belajar maka kita perlu mengetahui makna dari disiplin dalam belajar itu sendiri. 


Menurut Wikipedia Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya. dan Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon. Jadi apabila kita lihat pengertian diatas maka dapat diketahui bahwa perasaan taat dan patuh dalam belajar yang akan mendapatkan respon. Misalkan kita disiplin dalam belajar matematika maka kita akan menjadi mahir dalam mata pelajaran tersebut. 


Sebenarnya metode disiplin dalam belajar setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang dapat belajar jika dia berada disuatu tempat yang hening agar dapat berkonsentrasi dengan baik, namun ada juga orang yang tetap bisa berkonsentrasi meskipun dia belajar ditempat yang bising atau ramai. Menurut saya sebagai penulis di artikel ini saya menyarankan untuk mencoba belajar dengan metode mendengarkan musik sambil belajar. Karena dengan metode ini kita dapat belajar untuk fokus dan berkonsentrasi dengan baik, jadi apabila kita belajar ditempat diumum yang ramai kita tetap dapat belajar dengan baik tanpa terganggu.

Disiplin dalam belajar itu berarti berkaitan dengan waktu, yang dimana kita akan dengan rutin melakukan aktivitas tersebut karena kita memiliki rasa tanggung jawab. Memang sangat susah untuk bisa disiplin dalam belajar karena kita membutuhkan tekat yang besar, tekat yang besar ini dapat dicapai berdasarkan tujuan yang ingin kita raih. Selanjutnya kita juga membutuhkan keuletan agar kita tidak mudah putus asa apabila tujuan yang kita inginkan untuk disiplin dalam belajar belum dapat terwujud, yang itu kita harus berusaha untuk lebih disiplin. Kita juga membutuhkan keyakinan agar kita yakin apa yang kita lakukan akan mendapatkan hasil yang baik. 

Sumber: 
  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Disiplin
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar