Kamis, 24 Februari 2011

SITUS JEJARING SOSIAL





            Siapa sih  dari kita yang tidak mengenal situs jejaring sosial? Hampir seluruh masyarakat didunia menggunakan situs jejaring sosial untuk saling berkoneksi dengan teman lama diberbagai daerah tanpa terbatas ruang dan waktu.

Apa sih Jejaring Sosial itu??

            Jejaring social adalah suatu struktur sosial yang dibentuk oleh individu maupun organisasi. Istilah jejaring social ini pertama kali diperkenalkan oleh J.A Barnes pada tahun 1954.
            Penelitian yang telah dilakukan diberbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.


Apa aja macam-macam situs jejaring social didunia??
            Ada banyak sekali macam-macam situs jejaring social didunia, bahkan menurut beberapa sumber yang beredar ada lebih dari 350 jejaring social didunia. Berikut ini akan ada beberapa macam situs jejaring social yang akan saya bahas, antara lain:
1.      Friendster

   Friendster merupakan jejaring social yang diluncurkan pada 22 maret 2002 oleh Jonathan Abrams. Ide penamaan Friendster ini sendiri pun berasal dari Napster. Di situs ini hanya terdapat beberapa bahasa yang bias digunakan, seperti: Inggris, Indonesia, Tagalog, Melayu Malaysia, Vietnam, Thai, Mandarin, Korea, Jepang, dan juga Spanyol.

Berikut ini merupakan tampilan awalan Friendster:


Berikut layanan yang terdapat pada Friendster:
·         Status
·         Pengingat Ultah
·         dll


1.      Facebook

            Facebook adalah salah satu jejaring social terkenal yang dibuat oleh  Mark Zuckerberg beserta beberapa kawannya yaitu Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes yang merupakan mahasiswa di Universitas Harvard. Facebook ini berdiri pada 4 februari 2004 di Cambridge, Massachusetts.

Berikut ini merupakan tampilan awal Facebook:

Ada beberapa layanan difacebook yang dapat kita gunakan, seperti:
·         Chat
·         Note
·         Messages
·         Meng-update status
·         Komentar status
·         Mengirim wall
·         Aplikasi game
·         Dll
            Mudahnya penggunaan Facebook ini membuat banyak orang berminat untuk menggunakannya. Banyak bahasa yang bisa digunakan untuk settingan Facebook ini dikarenakan banyak orang diberbagai dunia yang menggunakan jejaring social.

2.      Twitter

            Twitter merupakan situs web yang memiliki layanan mikroblogging yang cukup popular diseluruh dunia. Karena memiliki fitur mikroblog inilah Twitter hanya memungkinkan penggunanya untuk membaca pesan dan mengirim teks tulisan hingga 140 karakter yang akan ditampilkan pada halaman profil si pengguna yang disebut Tweets.  Kita bisa tahu pembaruan orang-orang yang kita ikuti (following) dan kita bisa berbagi pada orang yang mengikuti kita (followers).
            Twitter yang memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts ini diluncurkan pada tahun 13 Juli 2006 oleh Jack Dorsey . Bahasa yang dapat digunakan adalah multilanguage.
Berikut ini merupakan tampilan awalnya :

Konten yang terdapat pada Twitter , antara lain:
·         Home
·         Profile
·         Followers
·         Following
·         Mentions
·         Favorite
·         Direct Messages
·         Hashtag
·         List
·         Trending Topic
3.      Plurk

            Plurk merupakan situs jejaring sosial dengan konsep mikroblogging. Plurk ini sendiri diluncurkan pada 12 mei 2008 yang diciptakan oleh The A-Team.

Berikut ini merupakan tampilan awal Plurk:

            Dalam penggunaan Plurk dikenal sebuah status yang disebut "karma", yaitu suatu penilaian tertentu terhadap aktivitas anggotanya. Semakin tinggi poin karma seorang pengguna, maka semakin banyak pula fasilitas yang akan ia diperoleh. Sistem inilah yang mendorong para Pluker untuk terus aktif di Plurk.
Dalam Plurk, karma seorang pengguna akan naik berdasarkan pada:
§                     Jumlah postingan ke Plurk.
§                     Jumlah tanggapan diberikan terhadap pengguna Plurk lainnya.
§                     Jumlah teman di ajak bergabung dengan Plurk
§                     Jumlah pengguna yang mengajak pengguna menjadi teman.
            Selain konsep diatas, Plurk juga menyediakan jaringan pertemanan atau social networking, sehingga melalui Plurk, pengguna dapat mencari dan mengajak pengguna lain menjadi temannya ataupun sebaliknya.

4.      My space

             MySpace adalah jejaring sosial yang menawarkan fasilitas seperti jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik, dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. MySpace ini memiliki kantor pusat yang bertempat di Beverly Hills, California dan berada dalam satu gedung perkantoran dengan pemilik langsung perusahaan tersebut, News Digital Media, kepunyaan News Corporation. My space ini diluncurkan pada bulan Agustus 2003 dan diciptakan oleh Thomas Anderson dan Christopher DeWolfe.

Berikut ini merupakan tampilan awal My Space:

Isi profil My Space adalah sebagai berikut:
·         Profil Kustomisasi (HTML / CSS)
·         Moods
·         Musik
·         Komentar
·         Blurbs, Blog, Multimedia

5.      Foursquare

            Foursquare merupakan sebuah situs web jejaring sosial yang berdasar kepada lokasi dari si pengguna, software dari telepon selular, dan juga merupakan sebuah permainan. Jejaring sosial yang ditemukan tanggal 11 Maret 2009 oleh Denis Crowley ini diperuntukkan untuk pengguna ponsel. Untuk pemilik IPhone, Android, webOS, Windows Phone 7, dan Blackberry  ada aplikasi khusus untuk dapat mengakses Foursquare. Situs jejaring sosial ini berbasis lokasi untuk ponsel yang memiliki fasilitas GPS dapat dengan mudah saat melakukan check-in (memasukan lokasi dimana kita berada saat itu), untuk yang tidak memiliki fasilitas GPS, kita dapat memasukkannya secara manual. Selain itu kita juga dapat membuat Shout yang bisa langsung dijadikan status di Facebook dan Twitter.

Berikut tampilan awal Foursquare:

            Situs ini diciptakan oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai yang kemudian dibantu oleh Harry Heymann, Nathan Folkman, Mike Singleton, Tim Vetter, Evan Cohen, Peter Nofelt, Mark Wyszomierski, Anoop Ranganath, Chrysanthe Tenentes, Mari Sheibley, Jason Liszka, Alex Rainert, Tristan Walker dan Jon Hoffman.

6.      MillatFacebook
            MillatFacebook yang telah diciptakan oleh Usman Zaheer ini didirikan pada 30 Mei 2010. Situs jejaring sosial ini dibuat agar umat Islam di seluruh dunia dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi. Layanan yang diberikanpun tak jauh dengan Facebook. 
Berikut merupakan tampilan awal MillatFacebook:

Tujuan dasar dari menciptakan dan meluncurkan situs MillatFacebook agar umat Islam dapat berinteraksi bersama lewat situs jejaring sosial yang buatan umat Islam sendiri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar