Rabu, 14 Maret 2012

Pembajakan bagi seorang pembuat Game?





Didalam dunia seni yang sangat komersil,seperti film,satra atau fashion,terkadang para pembuatnya membuat sebuah inspirasi yang datar dan dupikat-duplikat yang mengecewakan.Terkadang pembuat video game kecil-kecilan mengatakan bahwa semuanya itu bisa saja terjadi,dan juga bisa saja cepat menghilang keberadaannya.

A screenshot of Tiny Tower by NimbleBit. 


Vlambeer, sebuah perusahaan kecil yang berlokasikan di belanda,telah membuat  sebuah game online pada tahun 2010 yang dinamakan Radical Fishing. Permainan ini diawali dengan menangkap ikan dengan kait pancing,menariknya,dan melemparkannya ke udara,dan kemudian menembakkan ikan-ikan tersebut dengan sebuah senjata.Game ini ada di iPhones Apple’s dan iPads.

Tetapi kemudian game baru bermunculan di Apple’s store,seperti Ninja Fishing yang dibuat oleh perusahaan yang disebut Gamenauts.Permainan ini juga masih sama seperti game Radical Fishing dimana menangkap ikan dengan pengait,menariknya keluar dan melemparkannya ke udara,hanya saja menghancurkannya dengan pedang katana. Ninja fishing pun menjadi top aplikasi di toko aplikasi apple.
NimbleBit,game lain yang juga bermunculan,memiliki hal yang sama seperti game sebelumnya.Game yang dimaksud adalah Tiny Tower,dimana para pemain ditugaskan untuk membangun sebuah lantai dan membuat perumahan kecil yang bahagia dengan pekerjaan-pekerjaan yang menarik dan juga sangat berkreasi,hal inilah yang membuat game ini menjadi game of the year di toko aplikasi Apple.Kira-kira sama seperti zynga,salah satu pembuat game terbesar,nama gamenya adalah Dream Heights,dimana para pemain ditugaskan untuk membangun sebuah tangga untuk membuat tower dan membuat sebuah perumahan kecil dengan pekerjaan yang menarik juga dan penuh dengan kreasi.
Yang menjadi hal yang utama/jiwa dari game itu sendiri adalah-sistem mekanis permainannya,desain,karakter,dan alur cerita- semuanya sekarang bertempat secara digital seperti toko aplikasi Ios Apple’s dan toko android google.
Dan selama toko aplikasi tersebut masih bertujuan untuk mendapat kepercayaan yang tiada tandingannya, masih terbuka bagi para pembuat software untuk meningkatkan jumlah penggemarnya dan membuat uang dengan sebuah game yang sangat menarik.mereka akan belajar dengan mudah bahwa studio game lain akan saling bersaing untuk membuat permainan yang serupa.
Ketika perusahaan lain mengambil inspirasi dari permainan dan kemudian ia mencoba membuat game yang lainnya dari hal tersebut,maka akan tercipta sebuah game yang bermasalah,kata Rami Ismail, salah satu perwakilan dari Vlambeer.Melakukan sebuah peniruan seperti terkena pukulan dimuka.Ini membuat anda seperti seorang perampok.
Lalu semuanya menjadi kacau, dalam waktu kurang dari sebulan Vlambeer menghentikan pembuatan game Ridiculous Fishingnya.Hal ini seperti motivasi dari lubang hitam ,kata Jan Willem Nijman salah satu penemu yang lainnya.Hal ini juga membuat Vlambeer menjadi hancur.
Salah satu alasan dari penjiplakan dalam dunia industri game adalah bahwa tidak ada jalan pintas untuk selalu mempertahankan game yang sudah dibuat.Sebagian sudah ditulis,dipublikasikan dan juga sudah difoto yang mungkin bisa dijadikan hak cipt,tetapi tidak semua game ini berjalan dengan hal yang semestinya.Pembuat game kecil-kecilan bisa menghakpatenkan keamanan dari desain softwarenya,tetapi pada umumnya mereka cenderung malu dan yang ada hanya membuat waktu menjadi semakin sia-sia dan harga yang dibutuhkanpun menjadi semakin mahal kata Ellisen Shelton Tumer,seorang ahli intelektual property di Irell dan Manella di Los Angeles.
Karena game biasanya sering memberikan inspirasi yang sama dari pekerjaan sebelumnya,banyak pembuat game percaya bahwa keamanan yang baik akan meningkatkan kreativitas pembuatan game di masa mendatang,kata tuan Turner.                                        
Sebagian dari mereka masih lemah keamanan gamenya.Dan yang terpikirkan oleh mereka hanyalah bagaimana cara mencuri ide orang lain.
Spry Fox,salah satu pembuat game yang independen,mencoba menggugat pembuat game yang lain.Dia telah membuat sebuah permainan puzzle untuk facebook yang diberi nama Triple Town dan kemudian ada juga sebuah perusahaan bernama 6waves Lolapps.gamenya juga mirip dengan buatan Spry Fox,dimana game ini diberi nama Yeti Town yang ada di toko aplikasi apple.Atas kejadian tersebut,dengan sigap Spry Fox mengajukan gugatan pelanggaran hak cipta kepada 6waves pada bulan januari bertempat di Pengadilan Distrik Amerika Serikat di Seattle.
Di dalam gugatannya,dikatakan bahwa Spry Fox akan bernegosiasi dengan 6waves Lolaapps mengenai pemberitahuan game Triple Townnya dan akan diberikan akses pribadi untuk versi game sebelumnya yang sudah diluncurkan.
Ini rasanya seperti kehidupan barat yang sangat liar,ucap Daniel Cook,seorang ketua dari tim kreatif di Spry Fox.Dimana-mana banyak orang-orang yang sangat keras.Banyak juga pengeluaran uang yang dikeluarkan.Meski demikian, masih banyak perusahaan kecil dan beberapa orang yang masih belajar dari masa lalu bahwa pembajakan adalah sebuah model bisnis yang sah,dan mereka akan terus membangun konsep perusahaan yang seperti itu.
Pada kenyataannya,6waves Lolaapps membantah tuduhan tersebut,ia merasa bahwa kekayaan intelektual itu harus dihormati dan timnya sudah membuat kontrak dan tidak melakukan pelanggaran apapun mengenai hal tersebut.gugatan mengenai hak cipta ini adalah tidak bisa dibenarkan menurutnya.
Banyak perusahaan game-game kecil yang memberikan kejutan kepada salah satu developer game terbesar. Yang dimaksud adalah Zynga salah satu pembuat permainan-permainan populer seperti FarmVille dan Word With Friends.Permasalah yang sering timbul bagi para pembuat permainan-permainan kecil adalah masalah kapan,jika tidak jadi akan seperti apa? Dan Zynga merupakan salah satu contoh pembuat game yang sukses.Di dalam perusahaan Zynga,screenshoot dari para  pesaing Zynga kadang-kadang ditempel di dinding,lalu menurut dua mantan karyawan Zyngah hal ini supaya sebagai acuan,atau sebagai pemicu agar tim selalu terpancing,dan selalu bertindak cepat atas perkembangan permainan yang ada terutama dalam hal fiturnya.

A screenshot of Dream Heights by Zynga.


Ketika ditanyakan bagaimana cara membuat sebuah permainan,
John Schappert, Salah satu dari kepala operator di perusahaan Zynga mengatakan bahwa tidak pernah terpikirkan baginya untuk menjadi seorang pembajak,tetapi dia lebih merujuk untuk menjadi seorang yang selalu berinovasi.Menurutnya Tiny Tower bukanlah salah satu permainan pertama yang bertema tower,masih banyak permainan-permainan dengan judul yang serupa,seperti Sim Tower yang sudah lebih dahulu tampil.Dia mengatakan bahwa misi Zynga adalah untuk memenangkan hati consumen dengan kualitas permainan yang baik di setiap genre yang ada.
Mengenai masalah pembajakan,Mr.Scappert mengatakan,bahwa itu bukanlah sesuatu hal yang unik dalam permainan,tetapi hanya lebih merujuk kepada industri hiburan semata.Dia membandingkan industry game dengan industry film,yang menurutnya sebuah film baru akan selalu hadir dengan ide baru dibandingkan dengan film-film yang pernah ada.
Arti kata dari kemenangan adalah yang memiliki ide terbaik,penulisan terbaik,actor terbaik,cinematography terbaik,ujarnya.Semuanya pasti berpikiran sama,dimana kita harus menarik hati consumen.Ini semua hanyalah sebagai hiburan semata.
Lalu bila demikian,siapa yang akan menang?Mr.Schappert berkata, seorang pemenang akan berusaha menyenangkan hati konsumen, karena sebisa mungkin mereka pasti ingin membuat permainan yang sebaik-baiknya.
Pencipta dari Vlambeer,sekaligus pembuat dari Radical Fishing,berkata bahwa mereka tidak setuju bahwa pembajakan akan menguntungkan konsumen.Mereka berpendapat bahwa pembajakan hanya akan membuat perusahaan kecil menjadi semakin tidak kreatif atau bisa dibilang menjadi miskin ide,tetapi semua perusahaan kecil ingin sukses dengan ide lama yang seperti itu.Alhasil,semua game baru menjadi terlihat tidak seperti aslinya atau tidak memiliki keasliannya tersendiri.
Jika kita hanya mengikuti alur yang seperti itu saja,maka suatu saat hanya ada seorang pembajak,dan sejumlah ide-ide kreatif menjadi sangat terbatas atau jarang untuk ditemui.Mr.Ismail mengatakan bahwa itu bisa menjadi sebuah scenario yang sangat mengerikan.
Zynga sendiri juga masih berusaha melawan dari gossip-gosip tentang pembajakan.Di tahun 2011,Zynga mengajukan gugatan terhadap vostu ,sebuah perusahaan dari brazil yang dengan terang-terangan membajak permainan tanpa sepengetahuan dari Zynga itu sendiri.
Dan pada akhirnya,NimbleBitt terpaksa menempuh jalan  publik sebagai sebuah jalan untuk bebas dari kesalahannya.Pembuat permainan Tiny Towerpun menampilkan sebuah screenshoot            berbentuk grafis yang dimaksudkan untuk menampilkan dua sisi dari permainan itu yang menunjukkan betapa dekatnya ia dengan para pembuat game lainnya.
Dalam tulisannya,Nimble Bit mengatakan:Semoga beruntung dengan permainanmu,
Kita berharap kau akan berinspirasi kembali untuk terciptanya permainan yang kita inginkan di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar