Didalam dunia seni yang sangat komersil,seperti film,satra atau fashion,terkadang para pembuatnya membuat sebuah inspirasi yang datar dan dupikat-duplikat yang mengecewakan.Terkadang pembuat video game kecil-kecilan mengatakan bahwa semuanya itu bisa saja terjadi,dan juga bisa saja cepat menghilang keberadaannya.
Vlambeer, sebuah perusahaan
kecil yang berlokasikan di belanda,telah membuat sebuah game online pada tahun 2010 yang
dinamakan Radical Fishing. Permainan ini diawali dengan menangkap ikan dengan
kait pancing,menariknya,dan melemparkannya ke udara,dan kemudian menembakkan ikan-ikan
tersebut dengan sebuah senjata.Game ini ada di iPhones Apple’s dan iPads.
Tetapi kemudian game baru bermunculan di Apple’s store,seperti Ninja Fishing yang dibuat oleh perusahaan yang disebut Gamenauts.Permainan ini juga masih sama seperti game Radical Fishing dimana menangkap ikan dengan pengait,menariknya keluar dan melemparkannya ke udara,hanya saja menghancurkannya dengan pedang katana. Ninja fishing pun menjadi top aplikasi di toko aplikasi apple.
NimbleBit,game lain yang juga
bermunculan,memiliki hal yang sama seperti game sebelumnya.Game yang dimaksud
adalah Tiny Tower,dimana para pemain ditugaskan untuk membangun sebuah lantai
dan membuat perumahan kecil yang bahagia dengan pekerjaan-pekerjaan yang
menarik dan juga sangat berkreasi,hal inilah yang membuat game ini menjadi game
of the year di toko aplikasi Apple.Kira-kira sama seperti zynga,salah satu
pembuat game terbesar,nama gamenya adalah Dream Heights,dimana para pemain
ditugaskan untuk membangun sebuah tangga untuk membuat tower dan membuat sebuah
perumahan kecil dengan pekerjaan yang menarik juga dan penuh dengan kreasi.
Yang menjadi hal yang
utama/jiwa dari game itu sendiri adalah-sistem mekanis
permainannya,desain,karakter,dan alur cerita- semuanya sekarang bertempat
secara digital seperti toko aplikasi Ios Apple’s dan toko android google.
Dan selama toko aplikasi
tersebut masih bertujuan untuk mendapat kepercayaan yang tiada tandingannya,
masih terbuka bagi para pembuat software untuk meningkatkan jumlah penggemarnya
dan membuat uang dengan sebuah game yang sangat menarik.mereka akan belajar dengan
mudah bahwa studio game lain akan saling bersaing untuk membuat permainan yang
serupa.
Ketika perusahaan lain
mengambil inspirasi dari permainan dan kemudian ia mencoba membuat game yang
lainnya dari hal tersebut,maka akan tercipta sebuah game yang bermasalah,kata
Rami Ismail, salah satu perwakilan dari Vlambeer.Melakukan sebuah peniruan
seperti terkena pukulan dimuka.Ini membuat anda seperti seorang perampok.
Lalu semuanya menjadi kacau,
dalam waktu kurang dari sebulan Vlambeer menghentikan pembuatan game Ridiculous
Fishingnya.Hal ini seperti motivasi dari lubang hitam ,kata Jan Willem Nijman
salah satu penemu yang lainnya.Hal ini juga membuat Vlambeer menjadi hancur.
Salah satu alasan dari
penjiplakan dalam dunia industri game adalah bahwa tidak ada jalan pintas untuk
selalu mempertahankan game yang sudah dibuat.Sebagian sudah
ditulis,dipublikasikan dan juga sudah difoto yang mungkin bisa dijadikan hak
cipt,tetapi tidak semua game ini berjalan dengan hal yang semestinya.Pembuat
game kecil-kecilan bisa menghakpatenkan keamanan dari desain softwarenya,tetapi
pada umumnya mereka cenderung malu dan yang ada hanya membuat waktu menjadi
semakin sia-sia dan harga yang dibutuhkanpun menjadi semakin mahal kata Ellisen
Shelton Tumer,seorang ahli intelektual property di Irell dan Manella di Los
Angeles.
Karena game biasanya sering
memberikan inspirasi yang sama dari pekerjaan sebelumnya,banyak pembuat game
percaya bahwa keamanan yang baik akan meningkatkan kreativitas pembuatan game
di masa mendatang,kata tuan Turner.
Sebagian dari mereka masih
lemah keamanan gamenya.Dan yang terpikirkan oleh mereka hanyalah bagaimana cara
mencuri ide orang lain.
Spry Fox,salah satu pembuat
game yang independen,mencoba menggugat pembuat game yang lain.Dia telah membuat
sebuah permainan puzzle untuk facebook yang diberi nama Triple Town dan
kemudian ada juga sebuah perusahaan bernama 6waves Lolapps.gamenya juga mirip
dengan buatan Spry Fox,dimana game ini diberi nama Yeti Town yang ada di toko
aplikasi apple.Atas kejadian tersebut,dengan sigap Spry Fox mengajukan gugatan
pelanggaran hak cipta kepada 6waves pada bulan januari bertempat di Pengadilan
Distrik Amerika Serikat di Seattle.
Di dalam gugatannya,dikatakan
bahwa Spry Fox akan bernegosiasi dengan 6waves Lolaapps mengenai pemberitahuan
game Triple Townnya dan akan diberikan akses pribadi untuk versi game
sebelumnya yang sudah diluncurkan.
Ini rasanya seperti kehidupan
barat yang sangat liar,ucap Daniel Cook,seorang ketua dari tim kreatif di Spry
Fox.Dimana-mana banyak orang-orang yang sangat keras.Banyak juga pengeluaran
uang yang dikeluarkan.Meski demikian, masih banyak perusahaan kecil dan
beberapa orang yang masih belajar dari masa lalu bahwa pembajakan adalah sebuah
model bisnis yang sah,dan mereka akan terus membangun konsep perusahaan yang
seperti itu.
Pada kenyataannya,6waves
Lolaapps membantah tuduhan tersebut,ia merasa bahwa kekayaan intelektual itu
harus dihormati dan timnya sudah membuat kontrak dan tidak melakukan pelanggaran
apapun mengenai hal tersebut.gugatan mengenai hak cipta ini adalah tidak bisa
dibenarkan menurutnya.
Banyak perusahaan game-game
kecil yang memberikan kejutan kepada salah satu developer game terbesar. Yang
dimaksud adalah Zynga salah satu pembuat permainan-permainan populer seperti
FarmVille dan Word With Friends.Permasalah yang sering timbul bagi para pembuat
permainan-permainan kecil adalah masalah kapan,jika tidak jadi akan seperti
apa? Dan Zynga merupakan salah satu contoh pembuat game yang sukses.Di dalam
perusahaan Zynga,screenshoot dari para
pesaing Zynga kadang-kadang ditempel di dinding,lalu menurut dua mantan
karyawan Zyngah hal ini supaya sebagai acuan,atau sebagai pemicu agar tim selalu
terpancing,dan selalu bertindak cepat atas perkembangan permainan yang ada
terutama dalam hal fiturnya.
Ketika ditanyakan bagaimana
cara membuat sebuah permainan,
John Schappert, Salah satu
dari kepala operator di perusahaan Zynga mengatakan bahwa tidak pernah
terpikirkan baginya untuk menjadi seorang pembajak,tetapi dia lebih merujuk
untuk menjadi seorang yang selalu berinovasi.Menurutnya Tiny Tower bukanlah
salah satu permainan pertama yang bertema tower,masih banyak
permainan-permainan dengan judul yang serupa,seperti Sim Tower yang sudah lebih
dahulu tampil.Dia mengatakan bahwa misi Zynga adalah untuk memenangkan hati
consumen dengan kualitas permainan yang baik di setiap genre yang ada.
Mengenai masalah
pembajakan,Mr.Scappert mengatakan,bahwa itu bukanlah sesuatu hal yang unik
dalam permainan,tetapi hanya lebih merujuk kepada industri hiburan semata.Dia
membandingkan industry game dengan industry film,yang menurutnya sebuah film
baru akan selalu hadir dengan ide baru dibandingkan dengan film-film yang
pernah ada.
Arti kata dari kemenangan
adalah yang memiliki ide terbaik,penulisan terbaik,actor terbaik,cinematography
terbaik,ujarnya.Semuanya pasti berpikiran sama,dimana kita harus menarik hati
consumen.Ini semua hanyalah sebagai hiburan semata.
Lalu bila demikian,siapa yang
akan menang?Mr.Schappert berkata, seorang pemenang akan berusaha menyenangkan
hati konsumen, karena sebisa mungkin mereka pasti ingin membuat permainan yang
sebaik-baiknya.
Jika kita hanya mengikuti alur
yang seperti itu saja,maka suatu saat hanya ada seorang pembajak,dan sejumlah
ide-ide kreatif menjadi sangat terbatas atau jarang untuk ditemui.Mr.Ismail
mengatakan bahwa itu bisa menjadi sebuah scenario yang sangat mengerikan.
Zynga sendiri juga masih
berusaha melawan dari gossip-gosip tentang pembajakan.Di tahun 2011,Zynga
mengajukan gugatan terhadap vostu ,sebuah perusahaan dari brazil yang dengan
terang-terangan membajak permainan tanpa sepengetahuan dari Zynga itu sendiri.
Dan pada akhirnya,NimbleBitt
terpaksa menempuh jalan publik sebagai
sebuah jalan untuk bebas dari kesalahannya.Pembuat permainan Tiny Towerpun
menampilkan sebuah screenshoot berbentuk
grafis yang dimaksudkan untuk menampilkan dua sisi dari permainan itu yang
menunjukkan betapa dekatnya ia dengan para pembuat game lainnya.
Dalam tulisannya,Nimble Bit
mengatakan:Semoga beruntung dengan permainanmu,
Kita berharap kau akan
berinspirasi kembali untuk terciptanya permainan yang kita inginkan di masa
mendatang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar