Minggu, 01 April 2012

Mereview Gunadarma University FTP Server



Pada pembahasan kali ini saya akan mereview sebuah web Gunadarma yaitu http://openstorage.gunadarma.ac.id/ .

Web ini merupakan web yang berisi mengenai penyimpanan-penyimpanan data universitas gunadarma, seperti: hasil presentasi sidang, software server for linux, dll.

Tampilan webnya


Dimulai dari Penggunaan sistem Web statis pada web ini , dapat saya simpulkan begitu karena dari tampilan halamannya tidak berubah-ubah.  Biasanya pada web statis ini jarang sekali diupdate isi maupun tampilannya, hanya pada waktu-waktu tertentu saja web ini akan diupdate.



Dan juga web statis itu tidak menyediakan kolom komentar untuk para pengunjungnya, Tidak seperti web dinamis yang menyediakan kolom komentar. Website statis biasanya dipergunakan untuk website company profile, personal profile, penawaran produk.
Selanjutnya saya akan membahas Mengenai Usability webnya :

1.   Pada web ini Navigasinya tidak memudahkan pengguna untuk menelusuri  web tersebut. Karena bentuk webnya itu hanya bisa di scroll-down. Dan tidak ada navigasi search, yang seharusnya navigasi itu bisa memudahkan pembaca untuk mencari suatu informasi.
2.  Bentuk design layoutnya sangat biasa, dan ini bisa memungkinkan pembaca menjadi jenuh saat melihatnya. Dikarenakan latar belakang web ini hanya berdasarkan warna putih dan ditambah dengan jenis tulisan  yang kalau menurut saya terlihat jadul. Kenapa saya bilang jadul? Karena perpaduan warna design layoutnya tidak sesuai dengan jenis tulisan maupun warna tulisannya. Jadi web ini tidak fresh dan tidak menarik pembaca untuk melihatnya.

Jika kita membahas mengenai Accesibility sebuah web, maka accesibility yang dimaksud disini adalah kemudahan pengguna (user) untuk mengakses web tersebut. Dan accebility web ini cukup baik, dikarenakan web ini sangat mudah untuk dibuka tanpa memerlukan loading yang cukup lama kita bisa dengan mudah memasuki web ini. Dan pengguna juga tidak perlu log-in sehingga pengguna dengan mudah bisa menikmati fitur-fitur yang ada di web ini.

Sekian review saya mengenai salah satu web gunadarma ini.


4 komentar:

  1. wahh.. baru tau gw ternyata data2 gunadarma di simpen disini..

    nice info sist..


    http://aditya-anwar.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Nice share, penjelasan mengenai perbedaan antara web dinamis dan statis juga tersirat sangat detail. Saya juga pernah mengunjungi web open storage ini, namun folder-foldernya beberapa ada yang kosong.

    BalasHapus
  3. mau nanya apakah semua data disitus tersebut lengkap dan bisa diakses semua?

    BalasHapus
  4. ih ada ariel , nyampah uhuuy~
    ehem , untuk mengenai situs ini , saya juga pernah mengunjunginya .Lumayan agak bingung waktu pertama kali melihat situs ini , ternyata memang tampilannya seperti itu .
    Situs ini sebagai media untuk men-share yang bisa dishare hehe.

    BalasHapus