Rabu, 26 Maret 2014

Mereview Web Yang Menggunakan Cloud Computing

                            


Sebelum kita mereview mengenai web yang menggunakan Cloud Computing, alangkah baiknya apabila kita mengetahui apa maksud dari Cloud Computing itu sendiri. Jika kita melihat dari wikipedia maka Cloud computing sebagai “komputasi berbasis Internet, ketika banyak server digunakan bersama untuk menyediakan sumber daya, perangkat lunak dan data pada komputer atau perangkat lain pada saat dibutuhkan, sama seperti jaringan listrik” 

Sedangkan menurut  Gartner, Cloud Computing adalah “sebuah cara komputasi ketika layanan berbasis TI yang mudah dikembangkan dan lentur disediakan sebagai sebuah layanan untuk pelanggan menggunakan teknologi Internet.” Dan Forester mendefinisikannya sebagai “standar kemampuan TI, seperti perangkat lunak, platform aplikasi, atau infrastruktur, yang disediakan menggunakan teknologi Internet dengan cara swalayan dan bayar-per-pemakaian.”

Nah disini saya akan mereview mengenai salesforce.com yang dimana situs ini merupakan suatu layanan software CRM berbasis cloud yang bersifat disewakan. Jadi perusahaan pengguna tidak perlu mengimplementasikan CRM diperusahaannya. Lalu apa yang dimaksud dengan CRM? CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management. CRM sendiri merupakan suatu sistem informasi perusahaan yang diterapkan untuk menejemen hubungan pelanggan di suatu perusahaan. Dengan CRM, perusahaan berorientasi pada pemenuhan kepuasan pelanggan terhadap produk dari perusahaan tersebut.  Layanan/produk dari salesforce.com antaralain adalah sales cloud, service cloud, chater, force.com platform, radian 6, dan lain-lain.

Berikut ini adalah tampilan yang ada pada web salesforce.com :



Tampilan halaman awal


Gambar diatas merupakan gambar halaman awal dari web salesforce.com . Pada halaman ini umumnya terdapat kalimat pembuka yang menjelaskan mengenai web salesforce.com ini.


Halaman Solutions




Halaman ini didapat apabila kita mengklik button solutions yang terdapat dibagian atas web ini. Pada halaman ini diberikan pengertian tentang kenapa memilih salesforce.com , dan juga alasan mengapa salesforce.com ini layak untuk dijadikan solusi mengenai permasalahan bisnis.


Halaman Products




Dihalaman diatas akan terdapat kesempatan untuk mengetahui mengenai produk ini lebih lanjut.


Halaman Services




Apabila kita masuk kehalaman ini maka akan diberitahukan mengenai pelayanan yang ada pada web ini.

Halaman Customers




Dihalaman ini diperuntukkan untuk cerita pelanggan yang telah menggunakan jasa salesforce.com tersebut. 


Halaman event


Halaman ini disediakan untuk menginformasikan mengenai acara yang akan digelar oleh web ini. 


Halaman lanjutan dari Resources
Terdapat tempat untuk sharing maupun bertanya akan salesforce.com ini




Apabila pada halaman utama kita memilih Resources maka kita akan masuk kehalaman yang dimana apabila kita liat ini seperti halaman forum. Dimana halaman ini diperuntukkan untuk orang yang ingin bertanya atau hanya sekedar sharing.


Halaman About




Ini adalah halaman terakhir yang saya temukan, dimana dihalaman ini akan dijabarkan mengenai apa saja yang telah dicapai oleh web ini.

Dan menurut saya web salesforce.com ini menggunakan cloud computing yang dimana termasuk kedalam Software as a Service (SaaS) : berada satu tingkat diatas PaaS dan IaaS, dimana disini yang ditawarkan adalah software atau suatu aplikasi bisnis tertentu. Untuk tampilan web ini sangatlah menarik, tetapi terdapat banyak fitur yang dapat membingungkan pengguna dalam penggunaan web ini.

Sumber :      http://www.cloudindonesia.or.id/apa-itu-crm-dan-salesforce-com.html
                   http://vandredi-blog.blogspot.com/2011/05/cloud-computing.html
           http://ferryaw.wordpress.com/peranan-cloud-computing-terhadap-konsumsi-energi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar