Jumat, 14 Oktober 2011

APLIKASI BERBASIS INTERNET



Aplikasi internet merupakan suatu jenis aplikasi yang menerapkan arsitektur sistem terdistribusi dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi antar komponennya .



Sebagai salah satu contoh aplikasi yang berbasis internet adalah EMAIL, IRC, BLOG, dan Social network .

A.        Email

Dimana Email adalah singkatan dari elektronik mail yg artinya surat elektronik.  Sehingga Email dikirim bukan melalui kantor pos atau jasa pengiriman tetapi melalui jaringan internet dan semuanya slalu berhubungan langsung dengan internet. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet


Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa keuntungan. Antara lain, dengan menggunakan email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain akan secara langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah bahkan bisa di bilang geratis.

Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain. Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah 
gmail.comyahoo.complasa.com dll. Sebagai contoh kita membuat email melalui yahoo.com.

Istilah-istilah yang berhubungan dengan Email :

·           WebMail
Webmail adalah situs atau website yang menyediakan fasilitas Email. Beberapa Website yang menyediakan email gratis :

-          Yahoo mail
-          Google mail (gmail)
-          Dan lain-lain

·           Email Adress / Alamat Email

Email Adress / Alamat Email adalah alamat yang kita dapat ketika membuat suatu email pada website penyedia email. Contoh alamat email :

-          aing_yeuh@yahoo.com
-          aing_yeuh@gmail.com

·           MailBox

Mailbox ini di ibaratkan kotak surat pada umumnya, jadi apabila ada kiriman dari orang lain, maka surat tersebut akan masuk ke dalam mailbox atau kotak surat.

·           CC atau BCC 

CC (Carbon copy), BCC (Blind Copy) adalah sama dengan tembusan. Jadi apabila anda mau mengirim surat ke lebih dari satu orang, maka masukan alamat yang lainnya ke dalam CC.

·           Email Client

Email Client adalah tools atau software mempermudah dalam mengatur email. Dengan software email client anda tidak login ke situs penyedia email namun langsung di download ke Komputer anda melalui software tersebut. Contoh software email client :

-          Microsoft Outlook Express
-          Thunder bird

Sejarah terciptanya  Email

Di jaman modern ini banyak orang yang tahu mengenai cara menggunakan email, tanpa mereka tahu siapa pembuat email tersebut dan bagaimana sejarahnya terciptanya email. Oleh karena itu saya akan menjelaskan sedikit mengenai sejarah terciptanya email ini.

Ray Tomlinson penemu email pertama 

·     Pada tahun 1972,  Ray Tomlinson dinobatkan sebagai penemu e-mail karena jasanya menemukan sistem pengalamatan e-mail. Ray memilih simbol @ yang terdapat pada keyboard komputer sebagai penanda pengiriman surat . Dimana @ ini berarti “pada”.
·     Tahun 1974 Larry Roberts membuat sebuah program berupa folder email untuk mengelola email yang masuk .
·     Tahun 1975 Jon Vital mengikutinya dengan membuat program yang dapat mengorganisasikan e-mail dengan fitur yang lebih lengkap .
·     Tahun 1976, e-mail dengan segala kelengkapannya menjadi salah satu komoditi komersial di jaringan ARPANet .
·     Dalam waktu 2 (dua) tahun, 75% lalu lintas data di ARPANet adalah e-mail.

Beberapa jenis Email

·      Pop Mail

-    Kelebihan utama dari POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak connect ke internet)
-    Kekurangan dari POP mail ini adalah dalam hal fleksibilitas akses e-mail

·      Web-based e-mail

-    Kelebihan: bebas mengakses e-mail dari komputer manapun dan dari manapun, selama ada koneksi internet (fleksibel)
-    Kekurangan: harus selalu terhubung ke internet untuk membaca e-mail yang diterima dalam jumlah yang banyak (biaya koneksi lebih besar)

·      E-mail forwarding

Meneruskan e-mail yang dikirim kepadanya menuju ke account email yang lain.

-    Kelebihan: bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya
-    Kekurangan: sifatnya sebagai perantara, e-mail yang akan diterima akan membutuhkan waktu yang lebih lama


B.    IRC

Internet Relay Chat (IRC) adalah Fasilitas pengiriman pesan secara real-time di internet. Dimana IRC lahir pada akhir bulan Agustus tahun 1988 oleh Jarkko Oikarinen . Dikembangkan dari aplikasi bernama OuluBox yang memungkinkan para pengguna USENET News (jaringan komputer di universitas) dapat melakukan diskusi secara real-time.

Kemudian rekannya, Jukka Pihl, meminta bantuan Jarkko untuk memperbaiki Multi User Talk (MUT) dan berhasil dan Hasil kerja Jarkko dinamakan IRC.

Ide dasar pengiriman pesan secara real-time inilah yang kemudian menginspirasi para developer lainnya untuk mengembangkan aplikasi di sisi client dan server. Contoh:

-          Yahoo! dengan produknya bernama  Yahoo!Messenger
-          Microsoft dengan produknya Windows Life Messenger, dan lain sebagainya.

Irc banyak digunakan di Komputer dengan aplikasi seperti Mirc, Pidgin, dll. namun sekarang dengan semakin berkembangnya tekhnologi, Chating juga bisa menggunakan Hand Phone, asalkan Hp anda memiliki akses Internet dan bisa mendukung Java Platform, beberapa aplikasi yang digunakan adalah JedIrc, Jmirc-m, X-irc, dll.

C.        BLOG

Hasil evolusi dari suatu bentuk diary yang diletakkan pada internet (online diary). Istilah ‘weblog’ muncul dari seseorang bernama Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997.

·     Oleh Peter Merholz digunakan sebagai bahan lelucon karena dia memecah istilah weblog menjadi ‘we blog’
·     Evan Williams mempopulerkan istilah ‘blog’ sebagai kata kerja sekaligus sebagai kata benda
·     ‘To blog’ artinya ‘meng-edit atau menambahkan isi weblog’
·     Evan juga mempopulerkan istilah ‘blogger’ sebagai orang yang memiliki atau aktif mengisi weblog
·     Tahun 2001, blog menjadi fenomenal karena banyaknya konten berisi tentang ‘how-to’
·     Tahun 2002, blog mulai memperkenalkan adanya comment (komentar) dari pembacanya
·     Tahun 2004, peran blog mulai bergeser menjadi sesuatu yang ‘penting’ bagi tokoh-tokoh politik menggunakan blog sebagai media untuk menampung aspirasi dan mempengaruhi masyarakat
·     Blog memiliki ‘kekuatan’ dalam hal memberikan pengaruh pada orang lain
·     Kini blog dapat dijadikan lahan untuk mencari penghasilan dengan cara menjadi publisher iklan di internet dan menjadi reviewer produk/jasa .

D.      Social networking

Merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna. Salah satu aplikasi berbasis web yang paling digemari oleh pengguna internet.

Terdapat 3 (tiga) bentuk interaksi yang mendasar adalah:
1.       Pengiriman pesan atau e-mail
2.       Chat
3.       Buletin atau mading bersama

Ide awal diusulkan sejak tahun 1978 oleh Roxanne Hiltz dan Murray Turoff dengan menghubungkan antar komputer individu ke dalam suatu jaringan elektronik . Konsep tersebut dapat terwujud secara penuh pada tahun 1985 dimana terdapat komunitas online melalui jaringan internet bernama The Well.

·     Pada tahun 1994 mulai marak muncul situs-situs komunitas online seperti: The Globe, Geocities, dan Tripod (1995)
·     Pada tahun 1999 muncul sebuah konsep situs komunitas online yang berbasis pada pertemanan (friendship-based)
·     Mulai tahun 2002 hingga tahun 2004, muncul empat situs jejaring sosial yakni: Friendster, MySpace, Bebo .
·     Pada tahun 2005, MySpace menjadi yang terbaik karena dapat mengalahkan Google dalam hal jumlah pengunjung .

Kelebihan

Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakantelepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.

Kelemahan

Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis.. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.

Sumber:
1.       firdaus84.files.wordpress.com/2009/03/slide-pti-week-10.ppt







Tidak ada komentar:

Posting Komentar