Kamis, 17 Oktober 2013

Perencanaan Usaha Pastry House



Perencanaan Usaha Pastry House

Usaha kuliner merupakan usaha yang tidak akan pernah habis peminatnya, karena kuliner merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia dimana setiap manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Oleh karena itulah saya rasa usaha dibidang kuliner ini sangat menjanjikan untuk kedepannya. Pastry House atau biasa kita kenal dengan usaha kuliner untuk makanan penutup atau dessert seperti macaroon, Pai, croissant, cheese cake, dll. Usaha Pastry House ini dapat dibilang cukup diminati karena semua kalangan menyukai berbagai macam olahan pastry ini. Dalam perencanaan usaha Pastry House ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, sebagai berikut:


Modal dan Keuntungan

Modal merupakan salah satu hal penting dalam memulai sebuah usaha, dapat dikatakan tanpa modal kita tidak dapat membuat usaha. Untuk usaha Pastry House ini kita tidak membutuhkan tempat khusus karena biasanya usaha semacam ini mereka menjual sesuai dengan pesanan yang ada dan ini berarti tidak dibutuhkan modal khusus untuk membuat sebuah tempat usaha atau dapat dikatakan kita dapat menggunakan rumah kita sendiri sebagai tempat untuk pembuatan Pastrynya dikarenakan dari namanya saja sudah kita ketahui "PASTRY HOUSE" yang itu berarti Pastry yang dibuat dirumah. Nah kembali ke modal ini berarti untuk membuat usaha Pastry House ini kita membutuhkan modal untuk membeli bahan-bahan berkualitas baik agar dapat digunakan untuk membuat Pastry yang terasa enak dan lezat dimana modal untuk membeli bahan-bahan disesuaikan dengan kebutuhan pemesanan. Lalu modal selanjutnya untuk pembelian alat-alat seperti oven , dan cetakan untuk pastry tersebut , untuk mendapatkan pastry yang matang merata dan sempurna disini kita membutuhkan oven listrik yang range harganya sekitar 350.000 sampai dengan 2.500.000 untuk pembelian oven ini saya rasa cukup dengan membeli oven yang tidak terlalu mahal dikarenakan kita harus meminimalkan pengeluaran dan memaksimalkan pemasukan. Mungkin disini saya akan mengeluarkan uang modal sekitar 600.000 untuk pembelian oven listrik sekaligus cetakan pastry yang saya butuhkan. 

Selanjutnya jika kita membicarakan mengenai keuntungan, disini setiap pembelian bahan-bahan itu berarti sudah diperhitungkan berapa biaya yang akan dikeluarkan dan berapa sisa keuntungannya. Dalam hal ini saya belom dapat memastikan berapa besar keuntungan yang bisa didapatkan.

Target Pasar

Dalam penjualan pastry ini saya selain menawarkan secara langsung ke tetangga atau kerabat dekat saya juga mencoba untuk menjualnya melalui media online seperti facebook, twitter, atau mungkin juga melalui media chat yaitu bbm whatsapp dll. Dimana saya hanya akan menjual pastry ini khusus untuk daerah jabodetabek . Pengkhususan daerah penjualan ini dimaksudkan agar pada saat pesanan sampai ke tangan customer,  pastry yang mereka pesan akan masih terasa enak dan tidak mengecewakan customer.

Tanggung Jawab Sosial

Tanggung jawab kepada customer yaitu dengan adanya keterjaminan halal dalam pembuatannya, lalu pembuatan pastry yang dapat dipastikan bersih dan steril, Dan juga keterjaminan dalam hal rasa yang dimana rasa pastrynya akan enak, dan juga hasil pastrynya akan sesuai dengan pilihan customer. Dan untuk tanggung jawab kepada masyarakat sekitar yaitu dengan tidak membuang sampah dari pembuatan pastry itu sembarangan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar